SENIN-SABTU : 08:00 s/d 17:00 | 081322063949 | 081322063949 | [email protected] | D05572DE081322063949
(pcs)

ETIKA BERMUSYAWARAH DALAM ISLAM

Wednesday, August 29th 2018.

Bermusyawarah merupakan aspek penting dalam mebangun kehidupan sosial bermasyarakat. Islam secara tegas telah memerintahkan bermusyawarah bersama demi tercipta kerukunan, ketertiban, terlebih ketika ada permasalahan yang harus dipecahkan bersama. Tulisan artikel kali ini membahas etika musyawarah dalam pandangan ajaran Islam.

Lingkup musyawarah itu sesungguhnya bukan hanya pada tingkat parlemen ataupun majelis besar saja, bahkan musyawarah dalam ajaran Islam seharusnya diterapkan dari mulai tingkat keluarga, kemudian rukun tangga (RT), musyarah rukun Warga dan sampai pada tingkatan yang paling tinggi yakni organisasi dan juga kenegaraan.

Secara implisit Alloh SWT menyampaikan bahwa suasana ketika memecahkan suatu permasalahan harus dengan kepala dingin, situasi kondusif sebelum sampai sesudah ditetapkan keputusan dari permusyaratan tersebut. Firman Alloh SWT dalam QS. Ali Imron : 159 dinyatakan :

“Maka, disebabkan rahmat dari Allahlah kamu berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. Karena itu maafkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka, dan bermusyawarahlah dengan mereka dalam urusan itu. Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad maka bertawakallah kepada Allah. Sesungguhnya, Allah menyukai orang-orang yang bertawakal kepada-Nya.”

Pada ayat tadi ada ungkapan kalimat “bermusyawarah dalam urusan itu”, mengandung pengertian segala urusan persoalan dan permasalahan yang beraneka ragam menyangkut urusan politik, ekonomi, kemasyarakatan, dan lain-lain sebagainya.

Tata cara berdiskusi memecahkan problem permasalahan semestinya diatur dengan etika musyawarah yang sesuai dengan Ajaran yang Islami. Oleh karena itu kita harus mengetahui beberapa kaidah aturan main ketika bermusyawarah seperti tersirat pada Ayat Al-Qur’an tadi, dan musyawah Islami itu diantaranya :

Ke-satu, Bijak dan santun saat berbicara

Menyampaian ide, gagasan, saran maupun sanggahan seharusnya disampaikan dengan bahasa lisan yang baik. Sebelum berbicara sebaiknya membuat konsep tulisan terlebih dahulu agar tidak ngawur.

Ke-dua, Rendah hati dan lemah lembut. 
Sebagai musyawarin atau peserta musyawarah yang baik akan memiliki sikap rendah hati dan lemah lembut dalam bersikap, berucap dan bertindak. Mereka tidak emosional bahkan sampai berkata-kata kasar, melempar barang, menggebrak meja, dan merusak. Bermusyarah dengan rendah hati tidak akan keras kepala walaupun pendapatnya tidak diterima anggota musyawah lainnya.

Ke-tiga, Memiliki sikap pemaaf.
Akhlak lain dalam etika musyawarah selalu memberi maaf sebab bisa jadi ucapan atau bahasa yang disampaikan menyinggung perasaan orang lain. Meminta maaf dari kesalahan yang terasa maupun tidak terasa perlu kita sampaikan dengan tulus hati.

Ke-empat, Ikhlas karena Alloh dan memohon ampunan-Nya.
Bisa jadi pendapat yang menurut kita benar menjadi salah di hadapan Alloh, dan juga sebaliknya. Ketika ikhlas bermusyarah hanya karena Alloh maka tidak pernah ngotot akan pendapatnya sendiri. Etika bermusyarah Ikhlas akan memiliki kedekatan dengan Allah melalui permohonan ampun.

Ke-lima, Tekad memutuskan kebenaran. 
Seharusnya setiap orang yang bermusyawarah membulatkan tekad dalam hal mengambil suatu keputusan yang disepakati bersama (mufakat), bukan saling ingin menang sendiri tanpa ada keputusan. Dan, jika suatu keputusan harus diputuskan melalui voting maka setiap peserta musyawarah hendaknya dapat menerima hasilnya dengan lapang dada.

Ke-enam, Tawakal menyerahkan urusan kepada Allah. 
Apapun hasil dari keputusan musyawarah harus disikapi dengan tawakal memasrahkan urusan dan keputusan itu kepada Alloh SWT. Sebab Dialah yang sesungguhnya menentukan segala urusan itu terjadi.

 

Rp 200.000
Rp 285.000
Rp 279.000
Rp 165.000
Rp 290.000
Rp 265.000

Produk Terbaru

URBAN ALHAMBRA ASWAD BLACK URBAN QUSHAI ALBIIJ BEIGE URBAN NABATH AZURI NAVY URBAN NABATH AHMAR RED URBAN KAHLAN NAVY URBAN ALHAMBRA AZURI NAVY MUFTI ZYN BONE MUFTI ALBIIJ BEIGE

Testimoni

  • ucup supeiadi - jakarta
    Alhamdulillah Ukuran baju xl sesuai ukuran baju umum nya sy pakai umum nya tidak pas dgn ukuran badan sy Tp untuk wadee pas dgn ukuran badan sy T...
Lihat Semua Testimoni →

Rekening Bank

Nenden Sarirahayu 4370614844
Nenden Sarirahayu 1310006587184

Pengiriman

Facebook Fanpage